Halaman

Rabu, 06 Oktober 2010

Defenisi Dan Sejarah Komputer

ARTI KOMPUTER
Kehidupan manusia pada jaman sekarang ini gak lepas dari yg namanya teknologi, khususnya komputer. bahkan peralatan berbasis komputer yg sekarang ini umum dipakai, misalnya aja personal data assistant (PDA), global positioning system (GPS) dll.
beberapa pakar dan peneliti mengartikan komputer itu sbb:
  1. menurut hamacher, "komputer adalah mesin penghitung elektronik yg cepat dapat menerima informasi input digital, kemudian diproses sesuai dgn program yg tersimpan dimemory, dan menghasilkan output berupa informasi."
  2. menurut blissmer, "komputer adalah alat elektronik yg mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dgn instruksi yg diberikan, menyimpan perintas dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi."
  3. fuori berpendapat bahwa "komputer adalah pemroses data yg dapat melakukan perhitungan besar secara tepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa camput tangan manusia."
  4. sedangkan menurut labeddu "komputer adalah teman yg baik yg bisa disuruh-suruh apa aja, kecuali disuruh pergi kepasar beli otek-otek, tp kalo dia lagi kesel jgn coba-coba sentuh belakangnya, nanti dia nyetrum"
jadi, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah seperangkat alat elektronik yg terdiri atas peralatan input, alat yg mengolah input, dan peralatan output yg dapat memberikan informasi, serta bekerja secara otomatis.
apapun defenisi komputer itu, yg pasti komputer telah melalui beberapa tahapan sehingga komputer sekarang ini dan kedepannya akan selalu berinovasi sesuai kebutuhan manusia.


Penggolongan Komputer
Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan 4 hal: data yang diolah, penggunaan, bentuk & ukurannya, serta generasinya.
  • Berdasarkan Data Yang Diolah
1. Komputer Analog
Digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan parallel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara, voltase listrik dll.
2. Komputer Digital
Digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf & angka, karakter-karakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer PC dll.
3. Komputer Hybrid
Merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital. Contohnya Facsimile.
  • Berdasarkan Penggunannya
1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
Digunakan secara umum, misalnya untuk pengolahan grafis, pengolahan multimedia, pengolahan data base dan pengolahan program lainnya.
2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
Digunakan secara khusus dan mempunyai satu fungsi kerja saja, misalnya sebagai server, PC router, dan terminal dumb.
  • Berdasarkan Generasinya
Komputer terbagi menjadi beberapa generasi sebagai berikut ;
1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang
5. Komputer Generasi Kelima
  • Berdasarkan bentuk dan ukurannya
1. Supercomputer
Adalah jenis computer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan perhitungan sangat kompleks. Karena bentuk dan harganya relataif mahal, maka computer ini jarang kita temui. Dan biasanya digunakan oleh universitas, pemerintah dan perusahaan besar.

2. Mainframe computer.
Adalah jenis computer yang digunakan pada lingkungan dimana banyak pengguna memerlukan akses untuk menjalankan program, dan memakai data secara bersama-sama. Dan biasanya computer jenis ini banyak digunakan sebagai server e- commerce yang melayani transaksi lewat internet.

3. Minicomputer
Computer jenis ini lebih kecil dari computer mainframe, tapi lebih besar dari jenis microkomputerdan biasanya memiliki beberapa terminal.komputer jenis ini digunakan sebagai server jaringan computer, atau server internet.

4. Workstation computer
Adalah computer single-user ( digunakan oleh satu orang saja ) yang sangat powerful. Jenis computer ini biasanya digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan perhitungan kompleks dan pekerjaan yang berat, seperti pembuatan animasi computer.
5. Microcomputer / Personal computer ( PC ) Adalah jenis computer pribadi yang digunakan oleh satu orang saja yang kinerjanya tergantung kebutuhan dari penggunanya. Jenis computer ini mencakup desktop co
mputer, laptop/ notebook computer dan PDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar